Friday, July 16, 2010

Tablet Android = Pembunuh Netbook ?


android-onepad3
Rasa-rasanya belum lama kita mengenal netbook sebagai varian dari notebook yang lebih kecil dan murah, sehingga cocok digunakan untuk berinternet-ria. Dengan harganya yang murah, maka netbook segera laris dipilih sebagai alternatif bagi mereka yang mencari notebook murah sekedar untuk kepentingan berinternet atau keperluan ringan. Asus Ee PC adalah salah satu netbook yang sangat populer.

Namun, kali ini netbook akan mendapat lawan sepadan. Kehadiran iPad di pangsa atas menggairahkan pasar tablet multitouch di kelas atas. Android, sistem operasi mobile besutan Google,tidak hanya dimanfaatkan oleh berbagai merek smartphone. Tapi juga telah menjadi pilihan menarik untuk menjadi sistem operasi untuk tablet multitouch. Android yang bersifat opensource serta mempunyai tampilan menarik menjadikannya cepat menjadi pilihan oleh berbagai produsen smartphone ataupun tablet multitouch, dari yang berharga mahal hingga yang berharga relatif bersahabat buat kantong.
Di pameran FKI/ICS yang kemaren saya datangi terlihat banyak sekali smartphone atau tablet berkekuatan Android. Salah satunya adalah Tablet Zyrex OnePad Android yang dibanderol Rp 3,5 juta di foto tersebut.
Yang menarik adalah, banderol harga segitu kurang lebih sepadan dengan harga netbook. Tampilan tablet yang trendi dan multitouchnya yang menyenangkan (karena berbasis Android) maka tak pelak tablet akan menjadi pesaing berat bagi netbook. Belum lagi banyaknya pilihan aplikasi Android yang tersedia di internet, sehingga membuat penggunanya punya banyak hal yang bisa dieksplorasi.
Memang Googlepun juga akan segera mengeluarkan ChromeOS yang akan menjadi sistem operasi untuk netbook. Tetapi selama Netbook dibanderol dengan harga sama dengan Tablet Android (yang murah) maka saya rasa akan banyak calon konsumen yang memilih tablet.
Menurut anda ?

No comments:

Post a Comment